Jumat, 14 September 2012

TV Panasonic TC-14S15M hidupnya lama

Pengalaman pusing-pusing asyik dengan TV Panasonic TC-14S15M, kalau dihidupkan menyala biasa sebentar sekitar setengah menit sampai 3 menit, lalu di mesinnya keluar bunyi crrrrrttt..... gambar menyempit kiri kanan, terus pet.. mati, tetapi lampu indikatornya tetap nyala (mati seperti standby tetapi dipencet-pencet tombol panel maupun remotnya tetap tidak mau hidup). Jika dimatikan lalu dinyalakan lagi seperti itu lagi. Kalau keadaan mati standby itu dibiarkan saja lama-lama TV menyala sendiri dengan normal, walau ditonton seharian juga normal, tetapi waktu tunggu dari pet hingga menyala lagi itu tidak tentu, kadang 10 menit sudah nyala, kadang hingga berjam-jam baru nyala, karena itu yang empunya bilang 'TV-ne uripe suwi' (=TVnya hidupnya lama).

Data TV ini: IC-nya M52770ASP (chroma, sinkronisasi, IF, AGC, dll), MN1871681TFH (program), 24C04 (EEPROM), AN5071, LA7840 (vertikal), LA4289 (audio), TR H-out tidak pakai pendingin.

Saya perbaiki dulu semua solderan, ternyata belum berhasil. Lalu coba ganti beberapa elco yang kelihatannya sudah layak diganti, ternyata belum berhasil juga. Lalu coba cek tegangan-tegangannya baik saat normal maupun saat mati standby, kesimpulan mengarah ke IC M52770ASP. Dengan hairdryer saya coba panasi IC tersebut, ternyata waktu tunggu nyala TV bisa dipersingkat dengan memanasi IC, jadi kesimpulannya TV bisa menyala normal jika IC M52770ASP-nya sudah panas.

IC lalu saya ganti, ternyata betul, penyakitnya langsung hilang, tak ada lagi gejala seperti di atas. Tapi nanti dulu, sepertinya ada yang janggal, gambarnya jadi kebesaran.... logo stasiun TVnya ada yang jadi mingslep terpotong. Saya cek tegangan-tegangannya, sepertinya tak ada kelainan. Karena penasaran IC M52770ASP-nya saya lepas untuk mencoba IC yang lama. Karena bongkar pasang tersebut beberapa jalur PCBnya sampai ada yang terkelupas. Ternyata kalau pakai IC yang lama gambarnya normal. Ganti lagi dengan IC yang baru... gambar jadi kebesaran lagi.

Untuk mengatasi gambar yang kebesaran itu saya tambahkan saja kapasitas C yang terhubung dengan kumparan defleksi horisontal, yang tadinya 684/400V menjadi 105/400V. Ukuran kiri kanan gambar langsung normal tetapi ukuran atas bawah masih terlalu jangkung. Karena itu lalu masuk ke servis mode, caranya volume pada posisi minimal (0), taruh sleep pada 30 menit, tekan Display, tekan display lagi ditahan sambil tekan VolDown di panel, di layar muncul CHK,  tombol 1 dan 2 di remote untuk memilih halaman/grup settingan, 3 dan 4 memilih item, tampilan di layar ada CHK, CHK2, CHK3, tombol VolUp/Down untuk mengubah nilai. Masuk ke CHK3 dan sesuaikan nilai VH. Tekan Normal di remot untuk keluar mode servis. Tinggal diuji dengan dinyalakan berjam-jam sambil ditonton dan digunakan sebagai alat bantu servis pasien berikutnya yaitu VCD...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar