Minggu, 10 Juli 2011

memulai Usaha Video Shooting

Bermula dari sekedar hobby, ikut dengan teman yang punya usaha video shooting belajar cara pengambilan gambar, serta editing. dengan modal hasil tabungan sisa gaji karyawan pabrik, akhirnya saya mempunyai usaha video shooting dan fotografy mandiri.

perlu sobat ketahui, jika kita ingin membuka usaha ini terlebih dahulu kita menyukai bidang usaha tersebut, jangan memikirkan keuntungan besar dahulu..banyak teman-teman saya akhirnya gulung tikar padahal dengan invest yang cukup besar,..dia berpikiran usaha video shooting sudah tidak menghasilkan keuntungan lagi karena makin menjamurnya usaha ini yang membuat harga tidak kompetitif lagi..persaingan sudah tidak sehat karena saliang banting harga.

Semua usaha pasti ada pasang surutnya, sobat jangan putus asa ketika usaha tidak ada job sama sekali...contoh ketika bulan ramadhan, sepi panggilan karena orang jarang mengadakan pesta pernikahan,...sobat dapat dapat menyiasatinya dengan usaha lainnya, jika punya kamera photo, meskipun pocket, sobat dapat menjalankan usaha photo keliling, yahhh..sekalian promosi karena biasanaya sehabis idul fitri sudah banyak lagi yangmengadakan hajatan/resepsi pernikahan...

Melihat persaingan yang ada, sobat ga usah takut dan khawatir, yang jelas kita jalani usaha ini dengan baik dan sabar dan selalu mengadakan perbaikan-perbaikan yang lebih baik.
kita ga usah minder atau malu dengan usaha kita,..terkadang peralatan yang sederhana dapat mengalahkan hasil dari peralatan yang lebih proffesional.
kita juga harus banyak belajar dari hasil video shooting2 yang lain..pinjamlah disc perkawinan teman atau kerabat yg di buat oleh orang lain, lalu kita pelajari, jika ada hal yang terbaru tidak masalah kita pelajari atau di tiru dengan cara kita.

Sobat, jika yan lain lain banting harga, sobat jangan ikut ikutan, pikirkan dengan biaya operasional dan perawatan alat, setiap barang elektronik pasti ada masa rusaknya. jika demikian sobat tidak dapat memperbaharui atau memperbaiki peralatan jika sobat memberikan harga yang minim.

- Memulai Usaha Video Shooting

Setelah anda minat dengan usaha ini, berikut alat2 untuk memulai usaha anda
1. yang jelas camcorder/handycam,
belilah sesuai bugjet yang ada, untuk harga handycam dipasaran bervareasi mulai dari 1,5 jt sampai 11 jt, untuk pemula ga perlu yang semi pro dulu.
pertama saya beli handycam merk sony Hi8, ternyata sampai sekarang awet dan bandel.

2. Lighting,
tak bisa di pungkiri, pencahayaan sangat diperlukan, harga kisaran 300rb berikut bolham lampu 1000 watt, anda bisa menghemat dengan menggunakan lampu2 halogen yg banyak di jual di toko2 listrik, harga kisaran 50rb rupiah saja. jang lupa kabel2 juga di siapkan.

3. Komputer
Sekarang harga komputer sudah sangat terjangkau, belilah spek agak tinggian dikit karena software video eting sekarang membutuhkan kinerja komputer yang handal.
Prosessor : Core 2 duo, DDR3 2GB, HD 320 GB, VGA card 512 GB, DVD RW, Firewire, monitor LCD 19", harga kisaran 4 s/d 6 Jt.

4. Software
Untuk pemula, saya lebih senang menggunakan pinacle atau Ulead, jika sudah mahir coba lah adobe premier. semua nya tergantung kita karena untuk output semua sama baik VCD maupun DVD dengan resolusi yg sama


bersambung....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar